8 Tanda Sepele Ini Bisa Jadi Gejala Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita saat ini. Diabetes juga tercatat sebagai penyebab kematian terbesar di dunia bersama dengan kanker dan obesitas. Penderita diabetes biasanya akan menghabiskan sisa hidupnya dengan pengobatan, karena pada dasarnya diabetes masih belum bisa disembuhkan. Pengobatan sejatinya dilakukan untuk meredam resiko yang tak diinginkan dan membuat tubuh penderitanya lebih sehat.

Yang membuat diabetes makin berbahaya adalah gejalanya yang tersembunyi. Banyak orang yang tak menyadari dirinya terkena diabetes sebelum dilakukan tes laboratorium. Padahal, jika tak segera ditangani diabetes bisa mengancam jiwa penderitanya secara perlahan. 

Agar lebih waspada, ada baiknya Anda mengetahui apa saja tanda-tanda yang bisa merujuk pada gejala diabetes. Dilansir oleh Emgn, 8 tanda berikut kerap kali jadi pertanda diabetes yang diabaikan oleh penderitanya. Apa saja tanda tersebut?

Sering buang air kecil



Orang yang sehat biasanya akan buang air kecil sebanyak 4 hingga 7 kali dalam sehari. Penderita diabetes biasanya akan sering buang air kecil dikarenakan tubuh tidak mampu lagi menyerap glukosa secara normal, hingga akan langsung dibuang melalui urin. Oleh karena itu diabetes sering disebut sebagai kecing manis.

Selalu merasa haus



Dikarenakan frekuensi buang air kecil meningkat, kebutuhan cairan tubuh pun otomatis meningkat. Tubuh yang kekurangan cairan akan merangsang otak untuk menimbulkan sensasi haus, sehingga membuat penderitanya selalu ingin minum air.

Mudah lelah



Tubuh penderita diabetes tidak mampu menghasilkan insulin secara normal. Insulin berperan untuk mengolah glukosa dan mengubahnya menjadi energi. Kekurangan insulin otomatis akan menurunkan energi dalam tubuh, hingga penderita akan merasa cepat lelah.

Mudah lapar



Diabetes akan menyebabkan makanan khususnya glukosa sulit dicerna. Penderita diabetes akan selalu merasa lapar walaupun mereka sudah makan dalam jumlah yang banyak.

Pandangan kabur



Karena selalu buang air kecil, tubuh akan melepaskan cairan untuk menghindari dehidrasi, termasuk cairan pada mata. Mata akan menjadi kering, pandangan kabur dan sulit fokus. Jika tak segera ditangani hal ini bisa berkembang menjadi kerusakan retina.

Gusi Bengkak



Diabetes menyebabkan tubuh penderitanya rentan terkena infeksi. salah satu yang paling sering adalah infeksi gusi yang menyebabkan pembengkakan

Kesemutan



Aliran darah akan berkurang hingga menimbulkan kesemutan dan mati rasa di bagian tangan dan kaki.Tak jarang, dalam kondisi parah dapat menimbulkan sensasi terbakar pada kaki.

Bercak hitam di daerah tengkuk



Jangan salah, yang Anda lihat ini bukanlah daki menumpuk. Diabetes dengan resistensi insulin atau biasa dikenal dengan diabetes tipe 2 disebabkan oleh kadar insulin yang tinggi, yang bisa mengaktifkan fibroblas dermal dan keratinosit melalui reseptor insulin yang ada pada sel-sel tersebut sehingga memunculkan bercak hitam di daerah tengkuk.

Karena terasa sangat umum, 8 gejala di atas seringkali diabaikan hingga diabetes mencapai tingkat ang parah. Walau demikian, Anda patut waspada jika merasakan 8 gejala di atas dalam waktu berdekatan. Semoga bermanfaat.
8 Tanda Sepele Ini Bisa Jadi Gejala Diabetes 8 Tanda Sepele Ini Bisa Jadi Gejala Diabetes Reviewed by Unknown on 00.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.